Cara mencari beasiswa luar negeri

Blog Review - Jika kamu ingin mendapatkan kesempatan mendapatkan beasiswa ke luar negeri. Terdapat beberapa hal yang harus kamu perhatikan. 

Cara mencari beasiswa luar negeri
Cara mencari beasiswa luar negeri

Berikut beberapa hal yang harus kamu perhatikan jika kamu ingin mendapatkan beasiswa dari luar negeri:

1. Berlangganan info beasiswa, sehingga kamu selalu mengupdate informasi beasiswa terbaru yang  ditawarkan oleh berbagai institusi serta sekolah diluar negeri.

2. Jangan malas mencari info, rajin-rajinlah membaca website mengenai beasiswa dan segala persyaratannya, sehingga bila ada jenis beasiswa yang sesuai dengan keinginan dan kualifikasi pendidikan kamu. Kamu dapat segera mengajukan lamaran.

3. Persiapkan diri kamu, persiapkanlah kemampuan bahasa asing yang kamu kuasai, minimal 1 tahun sebelum mendaftarkan beasiswa.

4. Hafalkanlah minimal 10 kata baru setiap hari untuk meningkatkan kemampuan bahasa asing kamu.

5. Pelajari pula bahasa asing lain, yang kira – kira akan menjadi negara tujuan kuliahmu. Selain bahasa Inggris. Mulailah dengan kosakata dan percakapan sehari – hari. Misalnya: bahasa Korea, Jepang, Perancis, Jerman dan lain – lain.

6. Jika beberapa kesempatan beasiswa muncul secara bersamaan, daftarlah lebih dari satu. Biar kesempatan kamu akan semakin besar.

7. Ketika menghadapi tes wawancara, usahakanlah tenang, jawab dengan jujur, lugas dan tidak bertele – tele. Dan tentunya harus dengan percaya diri. Namun ingat jaga kelakuan kamu, jangan sombong dan tetaplah humble.

8. Selain mempelajari bahasa, hal lain yang perlu kamu pelajari yaitu kebudayaan negara tujuan, bisa jadi nilai tambah buat kamu.

9. Kuasai juga salah satu kesenian dan budaya Indonesia, sebagai nilai tambah diri kamu. Misalnya seni tari, seni musik dan lagu daerah.

10. Biasakanlah menulis essay, karena rata – rata beasiswa memiliki salah satu syarat ini. Menulis essay.

11. Beasiswa biasanya menargetkan nilai TOEFL dan IPK. Minimal 550 dan IPK 3.0.

12. Tingkatkan pula kemampuan berkomunikasi kamu, istilah lainnya interpersonal skill.

13. Jangan menunggu hingga deadline, daftar dan kirimkan berkas persyaratan beasiswa secepatnya setelah semua kebutuhan berkas terselesaikan. Hal ini untuk menghindari gangguan yang mungkin muncul, baik itu gangguan tekhnis maupun no tekhnis yang berada diluar perkiraan kamu. 

Sekian, tips – tips mendapatkan beasiswa luar negeri yang dapat kami rangkum. Semoga bermanfaat.


Posting Komentar

Copyright © 2021

Blog Review