Cara mendapatkan beasiswa luar negeri jepang

Blog Review - Ingin berkuliah di Jepang tentunya tidak sulit bila memakai duit pribadi, namun jika ingin gratis tentunya mendapatkan beasiswa adalah pilihan yang terbaik. Buat kamu yang ingin berkuliah di Jepang dengan mendapatkan beasiswa, berikut beberapa kiat – kiat mendapatkan beasiswa ke Jepang:

Beasiswa Jepang, Beasiswa, Pemburu beasiswa
Cara mendapatkan beasiswa luar negeri jepang

I. Persiapan Awal

Sebelum benar-benar menjadi pemburu beasiswa, ada hal-hal yang perlu Anda persiapkan, dan Anda jawab. Yang pertama, tentu masalah motivasi. Ringkasnya, Anda perlu menjawab pertanyaan ini:

    • Mengapa Anda begitu tertarik pergi ke Jepang?

    • Pernahkah Anda berpikir kesulitan-kesulitan yang bakalan Anda hadapi saat  ada di Jepang nantinya?

    • Apakah kesulitan tersebut dan usaha Anda untuk menghadapinya, layak dengan cita-cita yang ingin Anda raih?

    • Mengapa tidak memilih negara lain saja?

    • Mengapa memilih Jepang yang bekerja dengan jam kerja 7/11, pergi jam 7 dan masuk rumah jam 11?

    • Siapkah Anda untuk belajar bahasa Jepang, menghafal ribuan kanji untuk bisa bertahan hidup sekaligus menikmati keindahan Jepang? (meskipun bahasa Jepang tidak wajib untuk S-3, tapi tanpa mempelajarinya saya pikir Anda tidak akan bisa menikmati Jepang)

Pertanyaan-pertanyaan ini harus Anda jawab terlebih dahulu, karena tanpa menjawabnya, saya takut Anda akan kecewa setelah benar-benar tiba di Jepang nanti. Dan ini tentu sangat disayangkan.

Pertanyaan lain yang harus Anda jawab adalah, sudahkah Anda mencari tahu, survey, bagaimana proses pendidikan S1, S2, dan S3 di Jepang dan apa yang membedakannya? Jika belum, kebetulan ada dua buah artikel yang menurut saya cukup menarik, yang bisa Anda baca:

1. Pengalaman mengikuti pendidikan S1, S2, dan S3 di Jepang (Dr. Anto S. Nugroho)

2. Kiat-kiat Sekolah di Jepang (Dr. Arief B. Witarto)

Setelah Anda menemukan jawaban dari itu semua, saatnya kita melakukan persiapan teknis mencari beasiswa di Jepang. Ada hal-hal praktis yang perlu Anda lakukan, di luar artikel ini. Berikut ini langkah-langkahnya:

1. Tentukan bidang yang ingin Anda tempuh di Jepang. Tentukan sejak sekarang, karena bidang yang ingin Anda tempuh sangat menentukan pilihan pembimbing dan universitas nantinya.

2. Cari universitas  yang akan menjadi tempat belajar Anda. Pilihan universitas, harus melalui pertimbangan, misalnya:


a. Biaya hidup di kota tempat universitas itu berada. Mahal atau tidaknya, Anda harus paham benar. Tinggal di propinsi yang agak jauh dari ibukota, tentu biayanya lebih murah. Jika Anda tinggal di Tokyo, biaya sewa rumah bisa dua kali lipat dibandingkan jika Anda tinggal di daerah luar Tokyo, misal di Chiba atau di Saitama. Pilihan untuk tinggal di bagian selatan (Kyushu) pun bukan pilihan yang buruk, bahkan Anda bisa nabung banyak dari uang beasiswa Anda. So, mencari informasi tentang biaya hidup menjadi prioritas!

b. Pilihan iklim juga perlu diperhatikan. Jika Anda kuat dengan cuaca dingin dari waktu ke waktu, pilihan untuk tinggal di daerah utara bukan pilihan yang buruk. Tapi kalau Anda punya masalah dengan “dingin” (misal : alergi), sebaiknya Anda tinggal di daerah yang memiliki iklim lebih hangat (meskipun rata-rata daerah di Jepang mengalami 4 musim).

c. Swasta atau negeri? Memang, di Jepang kualitas universitas swasta tidak begitu berbeda dengan universitas negeri. Tapi harga dan biaya, tentu saja beda. Sebagaimana di Indonesia, biaya kuliah di universitas swasta jauh lebih mahal daripada universitas negeri. Selain itu, kesempatan untuk mendapatkan keringanan pembebasan biaya kuliah (menjo / 免除) di universitas negeri lebih besar. Ini bermanfaat jika beasiswa Anda tidak mencakup biaya kuliah (alias hanya biaya hidup saja). Lain halnya jika Anda yakin dengan kondisi keuangan Anda. Swasta atau negeri tentu tak jadi soal.

d. Ada baiknya, tetapkan universitas yang memiliki ahli di bidangnya. Jika Anda ingin belajar teknologi, khususnya Teknik Elektro tentu tidak ada salahnya mencoba belajar di University of Tokyo, atau Tokyo Institute of Technology, atau Kyushu University. Jika ingin belajar penginderaan jauh (remote sensing), bisa melihat profil Chiba University. Ini hanya contoh saja. Masing-masing universitas punya produk unggulan, dan sebaiknya Anda tahu. Dengan mengetahui produk unggulan setiap universitas, Anda bisa berharap akan belajar di tempat yang benar dan dari maestro-nya langsung :). Bagaimana bisa tahu tentang hal ini? Baca dan baca. Banyak bertanya ke senior yang Anda kenal. Hal termudah adalah, perhatikan web masing-masing universitas dan lihat apa “produk unggulan mereka”. Apa yang mereka “jual” di web, supaya orang-orang mendaftarkan diri ke universitas tersebut.

3. Langkah berikutnya adalah mendapatkan pembimbing akademik. Ini bukan pekerjaan yang mudah. Untuk mencari pembimbing, bertanyalah pada kenalan Anda (senior, dosen di Indonesia, dst). Jika bisa mendapatkan pembimbing yang pernah membimbing mahasiswa Indonesia, hal tersebut lebih baik (dengan catatan, mahasiswa yang dulu pernah dibimbing tidak terlibat kasus, dan sukses menyelesaikan studi). 

4. TIba saatnya mencari sponsor. Sudah banyak website yang menjelaskan tips dan trik mencari beasiswa. Di artikel ini, saya hanya menuliskan beberapa alamat web sponsor beasiswa, yang sekiranya bisa jadi pertimbangan Anda semua.

5. Ada baiknya belajar bahasa Jepang terlebih dahulu, sebelum berangkat ke Jepang. 2-3 bulan belajar Indonesia sangat membantu, terutama untuk survival di Jepang. Namun, jika memang ingin benar-benar menikmati Jepang, sebaiknya Anda masuk kelas bahasa di Jepang.

Untuk mempelajari bahasa Jepang, sudah banyak website yang memuatnya. Salah satunya yang dulu sering saya kunjungi adalah web Yumeko milik Mas Agro Rachmatullah (Nagoya University). Web lain yang saya rekomendasikan adalah Tae Kim Grammar Guide. Web lain yang sering saya tengok adalah Tofugu. 

6. Jika Anda masih menempuh studi S1 di akhir semester, tidak ada salahnya juga untuk mencoba peluang pertukaran pelajar. Silahkan merujuk ke kantor urusan internasional di universitas Anda. Oya, salah satu program yang diikuti oleh adik angkatan saya adalah JENESYS. Silahkan merujuk ke website ini. Pertukaran pelajar ini sangat bermanfaat untuk mendapatkan gambaran awal tentang kehidupan di Jepang, fasilitas universitas, sistem akademik, dan tentunya calon dosen pembimbing kita. Sekedar info, profesor Jepang akan lebih senang mewawancari mahasiswanya secara langsung daripada menjawab email secara online. Dengan mewawancarai secara langsung, profesor tersebut bisa melihat kemampuan akademik calon mahasiswa dengan lebih detail. Nah, pertukaran pelajar adalah salah satu kunci untuk mendapatkan calon pembimbing.


Berikut beberapa  link-link beasiswa ke Jepang:

Monbukagakusho (D2,D3,S1,S2,S3,Teacher Training, Nursing, Japanese Study)

www.id.emb-japan.go.jp/sch.html 

ADB Scholarship (S2)

Note : Harus memiliki pengalaman kerja selama 2 tahun: www.adb.org/jsp/default.asp 

Okazaki Kaheita International Scholarship (S2)

www.okazakizaidan.or.jp/info/ 

Panasonic Scholarship (S2)

http://panasonicscholarship.com/ 

Monbusho U2U (S2)

http://dhresta.wordpress.com/2010/10/07/10-biggest-university-enrollment-using-mext-scholarship 

JOINT JAPAN/WORLD BANK GRADUATE SCHOLARSHIP PROGRAM FOR PUBLIC POLICY AND TAXATION (S2)

Note : Untuk teman2 yang memiliki posisi perkerjaan bidang tax administration akan mendapat prioritas yang lebih besar untuk mendapat beasiswa.

http://www.igss.ynu.ac.jp/wb-ppt/program_information02.html 

JOINT JAPAN/WORLD BANK GRADUATE SCHOLARSHIP PROGRAM

http://bit.ly/Wo6wMv 

YSEP Tokyo Institute of Technology (Student Exchange Program)

http://www.ryu.titech.ac.jp/~ysep/home.html 

JYPE Tohoku University (Student Exchange Program) 

http://www.insc.tohoku.ac.jp/jype/index.html 

Keio University (Exchange Program) 

http://www.ic.keio.ac.jp/en/study/exchange/apply.html    

www.ic.keio.ac.jp/en/study/exchange/courses.html    

sedangkan untuk formulir pendaftaran bisa diunduh di :

www.ic.keio.ac.jp.en/study/exchnage/application.html  

University of Tokyo Monbusho U2U (Teknik Nuklir S2 & S3)

http://www.n.t.u-tokyo.ac.jp/eng/modules/news/article.php?storyid=7 

International Doctoral Scholarships in Engineering, Kochi University of Technology, Japan

http://www.scholarshipsgrantsloan.com/international-doctoral-scholarships-in-engineering-kochi-university-of-technology-japan / 

Hitachi Scholarship

Note : hanya untuk dosen (staf fakultas) dan hanya untuk universitas unggulan (ITB,UI,UGM)

http://www.hitachi-zaidan.org/global/scholarship/ 

AUN/Seed-Net JICA Program Doktoral ke Jepang (hanya untuk dosen ITB dan UGM di bidang Teknik / Engineering ): contoh application guideline untuk program doktoral ke Jepang tahun 2014. Jika Anda adalah dosen ITB atau UGM (Fakultas Teknik), silahkan kontak ke kantor fakultas untuk informasi lebih lanjut.

HONJO INTERNATIONAL SCHOLARSHIP FOUNDATION Scholarship for Foreign Students

http://www.hisf.or.jp/english/scholarship/index.html 

Indonesian Leadership Award : Scholarship Program (S1)

http://www.suryainstitute.org/en/content/view/95/1/ 

Info-Info tentang Beasiswa Ke Jepang:

http://beasiswa.ppijepang.org/ 

http://www.nippon-foundation.or.jp/eng/inter/app/index.html#block_top6 

III. Info-Info Tentang Beasiswa Monbukagakusho (MEXT)


Daftar Universitas yang di-cover oleh MEXT

http://www.geo-wlb.tsukuba.ac.jp/en/node/1741 

Alur Pendaftaran Monbukagakusho

http://www2.jasso.go.jp/study_j/documents/scholarships0803_e.pdf 

AlurPendaftaran Monbusho U2U

http://edukasi.kompasiana.com/2012/02/22/u2u-mext-scholarship-timeline/ 

IV. Info Pengalaman Mengenai Beasiswa

Pengalaman Mas Dhresta Monbusho U2U

http://dhresta.wordpress.com/2010/08/29/step-by-step-applying-at-japanese-university/ 

Pengalaman Mbak Reisha Monbusho G2G

http://reisha.wordpress.com/2010/02/10/seleksi-dokumen-beasiswa-monbukagakusho/ 

Thread Study in Japan di Kaskus

http://www.kaskus.us/showthread.php?t=876221 

Video Panduan Hidup di Jepang Bagi Mahasiswa Asing dari Chiba University

http://www.international.chiba-u.ac.jp/movies/index-e.html 

ONE STEP TO JAPAN!  (Firman Alamsyah, M. Si):

http://deatantyo.wordpress.com/2011/07/01/one-step-to-japan/ 

Pengalaman kuliah di Jepang dengan biaya sendiri:

http://mbantoelpoenya.wordpress.com/2012/02/11/pengalaman-kuliah-di-jepang-dengan-biaya-sendiri/ 

http://mbantoelpoenya.wordpress.com/2012/02/11/sekolah-bahasa-jepang-solusi-belajar-ke-jepang/ 


Posting Komentar

Copyright © 2021

Blog Review